Manfaat Teh Oolong Bagi Kesehatan

Khasiat Teh Oolong
Seperti halnya teh hijau, khasiat dan manfaat teh Oolong bagi kesehatan bisa dibilang hampir serupa. Namun teh ini lebih digemari karena citarasa fruity-nya yang segar serta aroma seduhannya yang harum dan lembut. Sebagai teh semi fermentasi, teh oolong memang memiliki sifat dan karakteristik yang khas dan merupakan paduan dari dua karakter unggul teh yang berbeda, Dari teh hijau yang tanpa fermentasi serta teh hitam yang diproses secara fermentasi penuh.

Proses semi fermentasi atau oksidasi setengah Teh Oolong inilah yang membuat citarasa teh ini lebih kaya dibanding teh Hijau. Warnanya yang keemasan saat diseduh mengeluarkan aroma wangi semerbak namun tidak sekuat dan setebal aroma teh Hitam. Rasanya juga tergolong unik. Awalnya memang terasa sedikit pahit tetapi akan meninggalkan rasa manis mirip buah segar setelah diminum.

Selain keunggulan cita rasa dan aromanya dari beberapa sumber diketahui bahwa teh Oolong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tingginya kadar kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh dipercaya sebagai penyebab. Termasuk diantaranya kandungan senyawa yang berguna bagi proses metabolisme tubuh, diet dan upaya menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

Manfaat Kandungan Senyawa Teh Oolong Bagi Kesehatan

Teh Oolong dianggap sebagai teh yang paling baik. Kelebihan teh oolong adalah pada kandungan antioksidan-nya yang 100 kali lebih banyak dibandingkan suplemen vitamin C. Ini dikarenakan kandungan senyawa polifenol, theanin, mineral serta alkaloid dalam daun teh oolong sangat tinggi.

Polifenol dalam teh Oolong membantu kesempurnaan kerja enzim superxide dismutase (SOD) yang bisa menyingkirkan radikal bebas. Senyawa polifenol pada teh yang memiliki manfaat bagi kesehatan adalah unsur katekin (Catechin) dan turunannya Epigallokatekin (EGCG) dan Theaflavin sebagai unsur yang paling berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas. Semua senyawa tersebut bisa Anda dapatkan dalam kandungan yang cukup tinggi dengan mengkonsumsi teh oolong secara teratur.

Kadar kafein pada Teh Oolong juga sangat rendah, kurang dari setengah kadar kafein yang ditemukan pada kopi. Ini berarti teh oolong memiliki efek samping lebih sedikit sehingga membuatnya menjadi alfternatif yang jauh lebih sehat. Dan tidak seperti kebanyakan teh yang bisa dijual dengan sangat mahal, harga teh Oolong juga lebih terjangkau dan masuk akal.

Teh Oolong juga merupakan pembakar lemak yang efektif. Proses penurunan berat badan dengan minum teh oolong terjadi jauh lebih cepat. Bahkan dikatakan teh ini membakar lemak 157% lebih banyak dibanding Teh Hijau sehingga banyak selebritis dunia seperti Oprah Winfrey dan Rachel Ray mengkonsumsi dan mengidolakan teh Oolong karena teh Oolong sangat membantu mereka mengontrol berat badan dan menjaga penampilan tetap bugar.

Sebagai pengontrol berat badan yang efektif, beberapa penelitian menunjukkan bahwa Teh Oolong jauh LEBIH CEPAT menurunkan berat badan dibanding teh jenis lain sehingga sangat disarankan sebagai pelangsing tubuh alami dengan efek samping minimal.

0 komentar:

Posting Komentar