Fakta Teh Oolong Turunkan Berat Badan

Teh Oolong banyak disebut sebagai pembakar lemak yang efektif. Proses penurunan berat badan dengan minum teh ini diklaim jauh LEBIH CEPAT dibanding dengan meminum teh jenis lain. Tidak sedikit juga yang menyebut teh Oolong sebagai penurun berat badan ajaib dengan hasil yang mencengangkan. Sedikit berlebihan memang, tapi apa faktanya benar demikian?

Diet Teh Oolong

Beberapa riset ilmiah dilakukan untuk membuktikan seberapa besar sebenarnya khasiat Teh Oolong untuk menurunkan berat badan. Tercatat ada tiga penelitian yang spesifik menyebut teh Oolong sebagai objek.

Han LK, Takaku T, Li J, Kimura Y, Okuda H. "Anti-obesity action of oolong tea." Int J Obes Relat Metab Disord. 1999 23(1):98-105.

Rumpler W, Seale J, Clevidence B, Judd J, Wiley E, Yamamoto S, Komatsu T, Sawaki T, Ishikura Y, Hosoda K. "Oolong tea increases metabolic rate and fat oxidation in men." J Nutr. 2001 131(11):2848-52.

He RR, Chen L, Lin BH, Matsui Y, Yao XS, Kurihara H. "Beneficial effects of oolong tea consumption on diet-induced overweight and obese subjects." Chin J Integr Med. 2009 15(1):34-41

Beberapa studi tersebut menunjukkan bahwa teh Oolong efektif membantu menurunkan berat badan. Seperti dalam laporan salah satu studi yang dilakukan tahun 2009, dari 102 subyek kelebihan berat badan atau obesitas, peneliti menyimpulkan bahwa mengkonsumsi teh oolong dapat meningkatkan metabolisme lemak dan pada gilirannya, mengurangi berat badan.

Dikatakan juga dalam laporan tersebut bahwa setelah enam minggu minum teh Oolong secara teratur setiap hari, 64 persen dari pasien obesitas dan 66 persen dari subyek kelebihan berat badan kehilangan lebih dari 2,2 pound. Secara keseluruhan, 22 persen dari peserta kehilangan lebih dari 6,6 pound.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa efek anti-obesitas teh Oolong mungkin disebabkan karena kandungan kafein-nya. Namun kandungan polyphenols yang besar dan kuat pada teh Oolong lebih dipercaya sebagai hal yang membantu menghambat penyerapan lemak makanan dan kolestrol hingga lebih dari 50%. Mereka yang diet dengan ditambah minum teh setiap hari menemukan bahwa lemak yang terserap jauh lebih banyak dibandingkan pada diet yang sama tetapi tidak minum teh. Hal ini disebabkan asimilasi lemak dalam tubuh berkurang dan penumpukan lemak terhenti.

Pembuktian secara ilmiah ini tentu saja membuat pamor teh Oolong semakin populer sebagai penurun berat badan yang efektif, walaupun sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat dan keuntungan lain yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi teh ini secara teratur bagi kesehatan tubuh.

Misalnya saja, kandungan polyphenols dalam jumlah besar yang ada dalam teh Oolong sangat berguna bagi sistem kekebalan tubuh seperti meningkatkan antioksidan yang kuat dan erat hubungannya dengan kesehatan gigi dan gusi, serta sangat membantu menjaga kesehatan kulit seperti membersihkan dan menjernihkan kulit, mengurangi gejala alergi termasuk eksim.

Mengkonsumsi teh Oolong secara teratur juga akan membantu mencegah Anda menderita Hipertensi serta membantu untuk mengurangi tingkat kolestrol LDL. Selain itu, sifat anti-Karsinogenik yang dimiliki sangat membantu mengurangi kemungkinan Anda terkena Kanker. Dan bagi Anda yang beraktifitas padat, teh ini juga bermanfaat menyegarkan seluruh tubuh Anda dan membuat Anda lebih terjaga dari kepenatan akibat kelelahan bekerja.

Namun fakta teh Oolong sangat efektif menurunkan berat badan dan mencegah obesitas tentu menjadi angin segar dan harapan baru yang layak untuk dicoba. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan minum dua cangkir teh Oolong setiap hari memungkinkan Anda untuk menghilangkan lemak membandel, tidak hanya dengan mendorong sistem metabolisme tubuh tapi juga menghalangi proses penumpukan lemak yang berakibat pada penambahan berat badan.

2 komentar:

  1. halo, apakah ada takaran untuk menyeduh teh oolong, misalnya takaran untuk segelas atau untuk 1 teko
    , terimakasih.

    BalasHapus
  2. Paling 2 sendok utuk satu poci

    BalasHapus